Sabtu, 02 November 2013

PRINSIP DASAR MESIN 4-TAK BENSIN

Sekarang saya akan mencoba berbagi mengenai Prisnsip dasar dari mesin 4-Tak yang menyebabkan si mesin ini dapat menghasilkan suatu energi gerak dikarenakan adanya pembakaran di dalam mesin ini. Ada beberapa langkah pada mesin bensin untuk melakukan satu siklus pembakaran itu. Dan inilah ilustrasi dari langkah-langkah yang ada pada mesin bensin 4-Tak.

1. katup hisap  2. busi 3. katup buang 4. ruang bakar 5. piston

Prinsip Dasar dari Mesin Bensin 4-Tak untuk membangkitkan tenaga guna menggerakkan kendaraan, terdiri atas 4 langkah yang di lakukan secara berulang yaitu :
1. Langkah Hisap ( Intake Stroke )
2. Langkah Kompresi ( Compression Stroke )
3. Langkah Pembakaran ( Combustion Stroke )
4. Langkah Buang ( Exhaust Stroke )

Dalam satu siklus Langkah Mesin 4-Tak  terdiri dari 4 langkah piston, 2 putaran crankshaft, dan 1 putaran camshaft yang akan menghasilkan satu kali pembakaran atau usaha untuk menggerakkan kendaraan.

Baiklah saya akan jelaskan tiap-tiap langkahnya itu seperti apa dan fungsinya untuk apa.

Langkah Hisap


sdasdasdasd




























Pada saat Langkah ini katup Hisap terbuka dan katup Buang menutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB sehingga campuran udara dan bahan bakar dapat terhisap (masuk) ke dalam ruang bakar.

Langkah Kompresi

 



Pada saat Langkah ini katup Hisap dan katup Buang tertutup. Piston bergerak dari TMB ke TMA sehingga akan terjadi pemampatan (kompresi) campuran udara bahan bakar yang mengakibatkan terjadinya kenaikan tekanan dan temperatur di dalam ruang bakar.

Langkah Usaha

 


Pada saat Langkah ini katup Hisap dan katup Buang masih tertutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB karena adanya usaha pembakaran di dalam ruang bakar. Usaha ini terjadi karena ketika beberapa derajat (0-10 derajat) sebelum TMA saat langkah kompresi, busi akan memercikkan api yang akan membakar campuran udara dan bahan bakar yang bertekanan dan bertemperatur tinggi sehingga terjadi ledakan pembakaran yang akan mendorong piston dari TMA ke TMB


Langkah Buang

 


Pada saat Langkah ini katup Hisap tertutup dan katup Buang terbuka. Piston bergerak dari TMB ke TMA yang akan membuang gas sisa hasil pembakaran pada saat langkah Usaha.

*TMA = Titik mati atas : titik dimana piston berada pada posisi paling atas
*TMB = Titik mati bawah : titik dimana piston berada pada posisi paling bawah

Segitu saja penjelasannya,, mohon maaf gak bisa saya jelaskan secara detail karena banyaknya yang harus dijelaskan. Jadinya saya berbagi materi ini hanya secara garis besarnya saja. Mudah-mudahan dengan garis besarnya saja, bisa memberikan pengetahuan yang lebih untuk pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar